Rental mobil jogja ke Curug Setawing Kulon Progo : Sumber Air Perbukitan Menoreh

Curug Setawing kulon progo

Wisata dan Paket Rental mobil jogja ke Curug Setawing Kulon Progo . Curug Setawing adalah salah satu objek wisata yang belum cukup terkenal. Air terjun ini berada di Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Tersembunyi di balik hijaunya hutan di Perbukitan Menoreh, Curug Setawing siap menawarkan keindahan alam sisi lain Kulon Progo.

Curug Setawing sangat rekomended dikunjungi di musim penghujan. Pada musim ini, debit air terjun akan lebih deras sehingga keindahan air terjun lebih terlihat.Di musim kemarau, debit air akan berkurang bahkan mungkin tidak mengalir sama sekali.

Memiliki tinggi sekitar 45 meter, ketinggian air terjun Setawing dianggap berada di golongan tengah-tengah di antara air terjun tinggi lainnya. Bentuk cucuran air terjun yang melebar ke bawah mengakibatkan “kolam” yang terbentuk di bawahnya cukup luas.

Untuk menuju air terjun, kelompok pemerhati wisata Curug Setawing telah membangun tangga. Gazebo dan tempat duduk juga turut disediakan sebagai tempat beristirahat wisatawan.

Nama Curug Setawing berasal dari bahasa Jawa dialek lokal. Curug artinya “air terjun”, se artinya “satu”, dan tawing artinya “tebing.” Melihat arti dari nama curug, sudah jelas bahwa air terjun ini dinamai sesuai tempatnya yang berada di tebing. Jarak antara tebing keluarnya air terjun dengan permukaan tanah sekitar 20 meter. Tepat di bawah air terjun ada sebuah gua dengan kedalaman beberapa meter. Pengunjung bisa masuk ke dalam gua tersebut dengan aman.

Rental mobil jogja ke Curug Setawing

Air terjun Setawing mempunyai karakteristik memancur jatuh dengan lembut. Tebingnya merupakan material batu gamping. Warna tebingnya kuning keemasan.Taman dengan konsep pedesaan dibuat tidak jauh dari air terjun. Dari sini, peghunjung bisa beristirahat di bangku bambu sambil menikmati Curug Setawing.Jika merasa lapar atau haus, wisatawan bisa membeli makanan di dekat lokasi curug atau, jika berkenan, membeli langsung di warung-warung sekitar Pasar Jonggrangan.

Curug Setawing memang belum lama dibuka untuk umum. Curug yang sebenarnya sudah ada sejak lama ini dulunya masih tertutup semak belukar. Meskipun demikian, pemerintah daerah dan warga yang memang berniat menggerakkan potensi wisata Kulon Progo terus mengembangkan tempat wisata dan melengkapi fasilitasnya. Usaha ini membuahkan hasil manis. Curug Setawingkini memiliki wisatawan cukup banyak, terutama di musim liburan. Rencananya, warga akan berswadaya membangun pemandian dan kolam renang.

Keindahan curug yang memiliki air bersih, belum tercemar, dan masih alami ini sering dimanfaatkan para wisatawan untuk melepas penat setelah menjalani hari-hari kerja di kota dengan udara kotor. Lokasinya yang apik sering dijadikan objek foto para pecinta selfie.

Akses menuju Curug Setawing :

Dari pusat kota Yogyakarta, berjalanlah menyusuri Jalan Godean ke arah Nanggulan. Belok kiri usai melewati jembatan Progo, tepatnya di perempatan Nanggulan. Di pertigaan puskesmas Janti, belok kanan. Jalan lurus sampai ke jalan menuju Gua Kiskendo. Susuri jalan yang menuju Pasar Jonggrangan. Usai mencapai kawasan pasar, ambil jalan kecil bersemen. Ikuti papan petunjuk yang tersedia untuk menyusuri jalan ke Curug Setawing. Segera pesan Rental mobil di Docar ke Curug Setawing.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s